Ular Piton dengan 6 Meter Ini Jadi Buronan, Kenapa?

Sisik atau kulit ular piton yang ditemukan. Gambar: livescience.com

Ular piton memang menakutkan, apalagi jika ukuran mereka panjang dan besar. Bahkan ular piton bisa dengan mudah memakan manusia dewasa sekalipun. Hal ini terbukti dengan banyaknya kajadian ular piton memakan manusia.


Mereka umumnya hidup di alam liar, namun banyak yang sudah dipelihara hingga menjadi besar. Tapi kadang, sisi liar ular piton tetap ada meskipun mereka sudah dipelihara sejak kecil.

Dan jika sudah lepas, ular piton bisa kembali menjadi sangat berbahaya. Salah satunya ular piton dengan panjang sekitar 6 meter ini, yang kini justru menjadi buronan. Bahkan, yang ditemukan baru hanya kulitnya saja. Di manakah ular piton ini berada?

Dikutip dari Livscience.com, selama hampir dua bulan ular piton ini telah menghindari penangkapan di sebuah pedesaan di Polandia. Dijuluki Bertha, ular piton ini berhasil menutupi jejaknya dari para pencarinya.

Bertha adalah ular piton dari India, Python molurus molurus. Animal Rescue Poland (ARP) menerima laporan hilangnya piton ini pada 7 Juli lalu, usai kulit ular yang ditemukan di dekat Sungai Vistula di selatan Warsawa. Ketika ARP menginvestigasi rumput tinggi lebih dekat ke sungai, mereka menemukan kulit meranggas berukuran sekitar 5 meter, ini menunjukkan bahwa ular bisa sepanjang 6 m meter dari ujung hidung hingga ujung ekor, menurut pos di blog ARP.

ARP mengidentifikasi ular itu sebagai ular piton India - spesies yang bukan asli Polandia. Mereka menggambarkannya sebagai betina dewasa, yang mungkin telah dilepas ke alam liar oleh peternak yang tidak bertanggung jawab, tulis perwakilan ARP di Facebook.

Setelah baru saja meranggas, ular itu mungkin lapar dan agresif, dan orang-orang harus menghindari berjalan atau tidur di dekat sungai. Sementara pencarian ular sedang berlangsung, ARP memperingatkan.

Pada tanggal 10 Juli, ARP berbagi foto di Facebook menunjukkan lintasan ular berliku di lumpur, mengisyaratkan bagian Bertha, meskipun ular itu sendiri masih buron.

Sejak itu, pencarian yang sedang berlangsung untuk ular yang sulit ditangkap ini, telah menarik perhatian orang-orang di seluruh Polandia. Tim ahli yang menyisir tepian sungai termasuk para herpetologis, kadet brigade api-menembak, hingga petugas polisi dan anjingnya, laporan dari The Wall Street Journal (WSJ), 28 Agustus.

Sebuah tim yang terdiri dari 80 orang, telah menggunakan empat kapal dan empat pesawat tak berawak menyelidiki daerah itu. Mereka menangkap lebih dari 2.000 foto yang dianalisis ahli biologi, untuk mencari petunjuk tentang keberadaan Bertha.

Polisi juga menyelidiki foto yang diambil dari glider gantung, menunjukkan dua pria meletakkan ular besar di dalam mobil, menurut WSJ.

Ular piton India ini akan memakan hewan pengerat dan mamalia lainnya. Dan biasanya menyergap dan menggigit mangsa mereka, meremasnya sampai mati lemas, dan kemudian menelannya secara utuh.

Ada kemungkinan bahwa Bertha sudah jauh dari tempat di mana pihak berwenang masih mencari, Radoslaw Ratajszczak, ahli biologi dan direktur Kebun Binatang Wroclaw di Polandia, mengatakan kepada NZ Herald.

Piton India adalah perenang yang kuat, dan jika Bertha menyelam ke sungai dan menunggang arus, dia bisa melakukan perjalanan sejauh 100 kilometer, kata Ratajszczak.

Baca Juga: Tersedak Mangsa Hingga Mati, Apa yang Dimakan Ular Piton Ini?

Tetapi bahkan jika Bertha berhasil lolos dari pengejarnya, ia kemungkinan tidak bisa berkeliaran bebas di Polandia. Ia juga mungkin akan bertahan hidup pada suhu musim dingin, yang kini jauh lebih dingin.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel