Hati-hati, Gemuk Saat Remaja Bisa Menyebabkan Diabetes Tipe 2

Remaja kegemukan berisiko terkena diabetes tipe 2. Gambar: dailymail.co.uk

Bertambahnya berat badan saat remaja secara signifikan, ternyata bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.


Ya, anak remaja saat ini sangat rentan terkena kegemukan atau obesitas.

Apalagi saat ini dengan mudah mereka bisa membeli makanan siap saji yang tinggi kalori, lemak dan bahan berbahaya lainnya. Ditambah dengan kesibukan orangtua, yang tidak bisa menyediakan makanan sehat di rumah.

Lalu, di usia berapa risiko remaja rentan terkena diabetes tipe 2? Dan apa yang harus kita lakukan sebagai orangtua untuk mencegahnya? Simak selengkapnya di tautan berikut ini.

Anak-anak yang memiliki pertambahan berat badan pada usia sepuluh tahun, lalu kelebihan berat badan atau obesitas pada usia di atas 20 tahun, memiliki risiko 53 persen terkena diabetes.

Para peneliti dari Exeter University menemukan bahwa, mereka yang memiliki obesitas di bawah usia 20 tahun, risikonya akan semakin tinggi.

Temuan-temuan itu, yang dipresentasikan pada sebuah konferensi untuk Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Berlin, menunjukkan bahwa mereka yang obesitas dari anak-anak lebih beradaptasi dengan berat badan.

Namun, mereka yang kurus pada saat anak-anak dan kemudian obesitas di usia remaja, menyebabkan tekanan besar pada metabolisme. Dan angka ini meningkat setiap tahun, menurut Public Health England. Ini telah menyebabkan tingkat penderita diabetes melonjak.

Audit nasional oleh Royal College of Paediatrics dan Child Health awal tahun ini menunjukkan, jumlah anak di bawah usia 25 tahun yang dirawat karena diabetes tipe 2 telah meningkat 40 persen, dalam tiga tahun terakhir saja.

Dr Jessica Tyrrell, yang memimpin penelitian baru, mengatakan: "Temuan ini menunjukkan bahwa individu yang tetap berada dalam rentang BMI - body mass index - yang lebih tinggi sepanjang hidup, dapat beradaptasi dengan kelebihan berat badan, dibandingkan dengan individu dari BMI dewasa yang sama yang telah meningkat dari BMI yang lebih rendah ke yang lebih tinggi sejak kecil."

Tim Dr Tyrrell melihat data kesehatan dari 372.000 orang di Inggris. Dan kemungkinan besar di dunia akan jauh lebih tinggi.

Jumlah orang Inggris dengan diabetes - penyebab utama serangan jantung dan stroke - meningkat dua kali lipat hanya dalam 20 tahun. Hampir 3,7 juta orang telah didiagnosis, naik dari 1,9 juta pada tahun 1998.

Baca Juga: 15 Makanan Alkali untuk Lawan dan Obat Asam Urat Hingga Diabetes

Diabetes tipe 2 biasanya terjadi ketika kandungan lemak dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Sehingga menghentikan produksi insulin yang akan mempertahankan kadar glukosa darah normal.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel