12 Manfaat Buah Alpukat yang Terbukti, Obat Asam Urat Hingga Kanker

Buah alpukat
Buah alpukat. Gambar: pixabay.com/lcb

Manfaat Buah alpukat memang tidak diragukan lagi, dan ini adalah buah yang agak unik. Di mana sebagian besar buah yang ada saat ini terdiri dari karbohidrat, sementara alpukat mengandung lebih banyak lemak sehat.


Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa, buah alpukat memiliki manfaat kesehatan yang kuat. Bahkan buah alpukat ini bisa untuk obat asam urat hingga kanker, karena kandungan di dalamnya.

Berikut adalah 12 manfaat kesehatan dari alpukat yang didukung oleh penelitian ilmiah. Apa saja? Baca lebih lanjut di tautan berikut ini, yang dikutip dari healthline.com.

1. Alpukat Sangat Luar Biasa Bergizi

Buah alpukat adalah buah dari pohon alpukat, yang secara ilmiah dikenal sebagai Persea americana.

Buah ini sangat berharga karena nilai gizi yang tinggi, dan bisa ditambahkan ke berbagai hidangan karena rasanya yang enak dan teksturnya yang kaya. Ini adalah bahan utama dalam guacamole.

Kini, alpukat telah menjadi makanan yang sangat populer di kalangan individu yang sadar kesehatan. Ini sering disebut sebagai makanan super, yang tidak mengherankan mengingat sifat kesehatannya.

Ada banyak jenis alpukat yang beragam bentuk dan warnanya - mulai dari mirip buah pir hingga bulat dan hijau hingga hitam. Beratnya juga dapat mencapai 1,4 kg dari satu buah.

Varietas yang paling populer adalah Hass alpukat.

Seringkali disebut "buaya pear," yang sangat deskriptif, karena cenderung berbentuk buah pir dan memiliki kulit yang hijau dan bergelombang seperti buaya.

Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Berikut adalah beberapa nutrisi yang paling melimpah, dalam satu porsi 3,5-ons (100 gram):


  • Vitamin K: 26% dari nilai harian (DV)
  • Folat: 20% dari DV
  • Vitamin C: 17% dari DV
  • Kalium: 14% dari DV
  • Vitamin B5: 14% dari DV
  • Vitamin B6: 13% dari DV
  • Vitamin E: 10% dari DV


Buah ini juga mengandung sejumlah kecil magnesium, mangan, tembaga, besi, seng, fosfor dan vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin) dan B3 (niacin).

Alpukat mengandung 160 kalori, 2 gram protein dan 15 gram lemak sehat. Meskipun mengandung 9 gram karbohidrat, 7 diantaranya adalah serat, jadi hanya ada karbohidrat 2 "bersih", membuat ini makanan tanaman ramah karbohidrat rendah.

Alpukat tidak mengandung kolesterol atau natrium dan rendah lemak jenuh. Inilah sebabnya mengapa mereka disukai oleh beberapa ahli yang percaya zat-zat ini berbahaya, yang merupakan topik yang diperdebatkan.

RINGKASAN
Alpukat adalah buah berbentuk buah pir yang hijau. Dipenuhi dengan lemak sehat, serat dan berbagai nutrisi penting.

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Berat Badan Usai Liburan Panjang

2. Mengandung Lebih Banyak Potasium Daripada Pisang

Kalium adalah nutrisi yang kebanyakan orang tidak tercukupi.

Nutrisi ini membantu menjaga gradien listrik dalam sel-sel tubuh Anda, dan melayani berbagai fungsi penting.

Alpukat sangat tinggi potassium. Paket saji, 100 gram, mengandung 14% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA), dibandingkan dengan pisang yang hanya 10%, yang merupakan makanan tinggi kalium.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, asupan kalium yang tinggi terkait dengan penurunan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung, stroke dan gagal ginjal.

RINGKASAN
Kalium adalah mineral penting yang kebanyakan orang tidak tercukupi kebutuhannya. Alpukat sangat tinggi potasium, yang mendukung tingkat tekanan darah yang sehat dan normal.

3. Alpukat Mengandung Asam Lemak Tak Jenuh

Alpukat adalah makanan tinggi lemak. Faktanya, 77% kalori di dalamnya berasal dari lemak, menjadikannya salah satu makanan nabati yang paling tinggi yang pernah ada.

Tetapi mereka tidak hanya mengandung lemak. Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat - asam lemak tak jenuh tunggal yang juga merupakan komponen utama minyak zaitun. Dan diyakini bertanggung jawab untuk beberapa manfaat kesehatannya.

Asam oleat telah dikaitkan dengan penurunan peradangan dan terbukti memiliki efek menguntungkan pada gen terkait dengan kanker.

Lemak dalam alpukat juga tahan terhadap oksidasi yang diinduksi oleh panas, menjadikan minyak alpukat pilihan yang sehat dan aman untuk memasak.

RINGKASAN
Alpukat dan minyak alpukat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, asam lemak jantung yang sehat yang diyakini menjadi salah satu alasan utama untuk manfaat kesehatan dari minyak zaitun.

4. Alpukat Kaya Serat

Serat adalah salah satu manfaat buah alpukat yang tidak kalah sehat.

Ini adalah materi tanaman yang tidak dapat dicerna yang dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan, mengurangi gula darah tinggi dan terkait dengan risiko yang lebih rendah dari banyak penyakit berbahaya.

Perbedaan sering dibuat antara serat larut dan tidak larut.

Serat larut dikenal untuk memberi makan bakteri usus yang ramah di usus, yang sangat penting untuk fungsi tubuh yang optimal.

Satu porsi buah alpukat dengan berat 100 gram, mengandung 7 gram serat, yaitu 27% dari RDA.

Sekitar 25% dari serat dalam alpukat larut, sementara 75% tidak larut.

RINGKASAN
Alpukat cenderung kaya serat - sekitar 7% berat, yang sangat tinggi dibandingkan dengan kebanyakan makanan lainnya. Serat mungkin memiliki manfaat penting untuk menurunkan berat badan dan kesehatan metabolik.

Baca Juga: 15 Makanan Alkali untuk Lawan dan Obat Asam Urat Hingga Diabetes

5. Manfaat Buah Alpukat Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol dan Trigliserida

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Telah diketahui bahwa beberapa tanda dalam darah, terkait dengan peningkatan risiko ini.

Delapan studi terkontrol pada orang-orang telah meneliti efek alpukat pada beberapa faktor risiko ini. Studi-studi ini menunjukkan bahwa alpukat dapat:


  • Mengurangi kadar kolesterol total secara signifikan.
  • Mengurangi trigliserida darah hingga 20%.
  • Menurunkan kolesterol LDL hingga 22%.
  • Tingkatkan HDL (kolesterol "baik") hingga 11%.
  • Salah satu penelitian menemukan bahwa memasukkan alpukat dalam makanan vegetarian rendah lemak, meningkatkan kolesterol baik secara signifikan.


Meskipun hasilnya mengesankan, penting untuk dicatat bahwa semua penelitian pada manusia kecil dan jangka pendek, termasuk hanya 13-37 orang dengan durasi 1-4 minggu.

6. Orang yang Makan Alpukat Cenderung Lebih Sehat

Satu studi mengamati kebiasaan makan dan kesehatan orang yang mengonsumsi buah alpukat. Mereka menganalisis data dari 17.567 peserta dalam survei NHANES di Amerika Serikat.

Konsumen buah alpukat ditemukan jauh lebih sehat daripada orang yang tidak makan buah ini.

Mereka memiliki asupan nutrisi yang jauh lebih tinggi dan setengah lebih mungkin untuk memiliki sindrom metabolik, sekelompok gejala yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan diabetes.

Orang-orang yang mengonsumsi buah alpukat secara teratur juga memiliki berat lebih sedikit, memiliki BMI yang lebih rendah dan secara signifikan lebih sedikit lemak perut. Mereka juga memiliki kadar kolesterol HDL “baik” yang lebih tinggi.

Namun, korelasi tidak menyiratkan penyebab, dan tidak ada jaminan bahwa alpukat menyebabkan orang-orang ini berada dalam kesehatan yang lebih baik.

7. Kandungan Lemak Membantu Menyerap Nutrisi dari Makanan

Ketika menyangkut nutrisi, asupan Anda bukanlah satu-satunya hal yang penting.

Anda juga harus mampu menyerap nutrisi-nutrisi ini - memindahkannya dari saluran pencernaan dan ke tubuh Anda, di mana mereka dapat digunakan.

Beberapa nutrisi larut dalam lemak, yang berarti bahwa mereka perlu dikombinasikan dengan lemak untuk dimanfaatkan.

Vitamin A, D, E dan K larut dalam lemak, bersama dengan antioksidan seperti karotenoid.

Satu penelitian menunjukkan bahwa menambahkan minyak alpukat atau alpukat ke dalam salad atau salsa, dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2.6 hingga 15 kali lipat.

Jadi, tidak hanya alpukat yang bergizi tinggi, itu dapat secara dramatis meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang Anda makan.

Ini adalah alasan yang bagus untuk selalu menyertakan sumber lemak yang sehat ketika Anda makan sayuran. Tanpa itu, banyak nutrisi tanaman yang bermanfaat akan sia-sia.

Baca Juga: Aktifkan Hormon Pembakar Lemak dengan Tiga Langkah Mudah

8. Alpukat Tinggi Antioksidan yang Dapat Melindungi Mata

Tidak hanya alpukat meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, mereka juga tinggi antioksidan itu sendiri.

Ini termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang sangat penting untuk kesehatan mata.

Studi menunjukkan bahwa, mereka terkait dengan penurunan drastis risiko katarak dan degenerasi makula, yang umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

Oleh karena itu, makan alpukat harus bermanfaat bagi kesehatan mata Anda dalam jangka panjang.

9. Manfaat Buah Alpukat Membantu Mencegah Kanker

Ada bukti yang terbatas bahwa alpukat mungkin bermanfaat dalam pengobatan dan pencegahan kanker.

Uji-tabung penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi dalam limfosit manusia.

Ekstrak alpukat juga telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat di laboratorium.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian ini dilakukan di sel yang terisolasi, dan tidak perlu membuktikan apa yang mungkin terjadi di dalam manusia. Penelitian berbasis manusia tidak tersedia.

10. Ekstrak Alpukat Membantu Meringankan Gejala Arthritis

Arthritis adalah masalah umum di negara-negara Barat. Ada banyak jenis kondisi ini, yang sering menjadi masalah kronis yang dialami orang selama sisa hidup mereka.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak minyak alpukat dan kedelai - yang disebut alpukat dan kedelai tidak dapat diaplikasikan - dapat mengurangi osteoarthritis.

Apakah alpukat sendiri memiliki efek ini masih harus dilihat, tetapi banyak pengalaman jika buah alpukat bisa jadi obat asam urat yang ampuh.

11. Manfaat Buah Alpukat Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada beberapa bukti bahwa alpukat adalah makanan yang ramah terhadap penurunan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat dengan makanan, merasa 23% lebih puas dan memiliki keinginan 28% lebih rendah untuk makan selama 5 jam berikutnya, dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi buah ini.

Alpukat juga kaya serat dan sangat rendah karbohidrat, dua atribut yang seharusnya membantu mendorong penurunan berat badan juga, setidaknya dalam konteks pola makan yang sehat dan berdasarkan makanan.

12. Manfaat Buah Alpukat yaitu Lezat dan Mudah Ditambahkan Dalam Makanan

Alpukat tidak hanya sehat, mereka juga sangat lezat dan pergi dengan banyak jenis makanan. Anda dapat menambahkannya ke salad dan berbagai resep atau cukup menyendoknya dengan sendok dan memakannya polos.

Mereka memiliki tekstur yang kental, kaya, berlemak dan berbaur dengan bahan-bahan lainnya.

Baca Juga: Akibat Makan Makanan Kadaluarsa

Yang patut disebutkan adalah guacamole, yang bisa dibilang merupakan penggunaan alpukat yang paling terkenal. Ini termasuk alpukat bersama dengan bahan-bahan seperti garam, bawang putih, kapur dan beberapa lainnya tergantung pada resepnya.

Nutrisi dalam buah alpukat dapat mengoksidasi dan menjadi coklat segera setelah mendidih, tetapi menambahkan jus lemon akan memperlambat proses ini.

Catatan
Buah alpukat adalah makanan yang sangat baik, penuh dengan nutrisi, dan bisa menjadi obat bagi beragam manfaat bagi kesehatan.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel