Terungkap, Lima Alasan Mengejutkan Kenapa Berat Badan Susah Turun

Ilustrasi menurunkan berat badan.
Saat ini Anda sedang mencoba diet ketat, tetapi sering bertanya-tanya, kenapa sih berat badan saya susah sekali untuk turun? Kadang hal ini membuat kita menyerah untuk menurunkan berat badan, seperti yang diingin-inginkan.

Nah, menurut ahli gizi bernama Rick Hay, cukup dengan perubahan gaya hidup kecil dapat membuat perubahan besar. Bahkan, Anda tidak perlu susah dan berlama-lama untuk menurunkan berat badan ke bentuk yang ideal.

Lalu kenapa berat badan Anda susah sekali turunnya? Hay mengungkapkan lima alasan Anda mungkin tidak susah sekali menurunkan berat badan. Dan Anda mungkin akan dibuat terkejut dengan alasannya.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Badan Terbaik untuk Wanita

1. Kopi


Apakah mungkin Anda bisa bertahan tanpa harus minum kopi di pagi hari? Apakah Anda sama akan terlihat murung jika tidak meminumnya setiap hari? Ya, saat ini, kopi adalah bagian yang intrinsik dari kehidupan modern.

Namun, Anda mungkin perlu berpikir ulang berapa banyak cangkir kopi yang Anda minum sehari.

"Kopi adalah stimulan sistem saraf. Di antara banyak efeknya pada tubuh, kopi dapat mempercepat laju berbagai fungsi tubuh dan, dengan demikian, kadar gula darah kita turun untuk menghasilkan energi yang diperlukan untuk fungsi-fungsi seperti itu," kata Ahli Nutrisi Rick Hay..

Anda mungkin berpikir jika kopi dapat membantu embakar kalori lebih cepat, itu sedikit benar - tetapi itu bukan cerita lengkap.

"Ketika kadar gula darah kita turun, otak kita langsung berpikir untuk makan sesuatu, sehingga kadar gula darah diatur ulang ke tingkat yang normal," jelas Hay.

Ini berarti, kita akhirnya akan makan lebih banyak daripada yang sebenarnya kita butuhkan.

"Tubuh kita juga melepaskan glukosa ke dalam aliran darah kita dari glikogen yang tersimpan di otot dan hati kita. Sekali lagi ada penundaan kecil antara titik di mana sistem mengakui bahwa gula darah rendah telah diperbaiki dan titik itu memberi sinyal ke hati dan otot untuk berhenti melepaskan gula ke dalam darah," tambahnya.

"Pada akhirnya, hasil dari dua proses ini adalah bahwa Anda mendapatkan lonjakan gula dalam darah yang mengarah ke pelepasan insulin dari pankreas," Hay memperingatkan.

Insulin adalah hormon yang meningkatkan penyimpanan lemak. Sehingga jika Anda sering mendapatkan lonjakan gula ini, itu akan menambah garis pinggang Anda.

Baca Juga: Tiga Cangkir Kopi Sehari Bersihkan Arteri, Tapi Ada Syaratnya

Cobalah mengganti kopi dengan minum teh hijau sepanjang hari. "Ini memberi Anda dosis kecil kafein lembut yang tidak akan meningkatkan gula darah Anda," kata Hay. "Dan, itu terbukti meningkatkan metabolisme juga."

2. Latihan Singkat dan Melelahkan


Alasan kedua kenapa berat badan susah turun adalah latihan yang keras. Untuk menjelaskan bagaimana termodinamika olahraga dan makanan, mari kita kembali ke awal. Sejauh ini, karbohidrat adalah yang pertama digunakan sebagai bahan bakar tubuh. Dan mereka akan melepaskan energi dengan sangat cepat.

Ketika tubuh menghabiskan persediaan karbohidratnya sampai nol, maka akan mencari sumber energi alternatif. Saat itulah Anda mulai membakar lemak.

"Jika Anda pergi untuk sprint cepat dan eksplosif, hal pertama yang akan menjadi energi tubuh Anda adalah sumber fosfat kreatin di otot, tetapi hanya bertahan sekitar 20-30 detik," kata Hay.

"Tubuh kemudian perlu mencari sesuatu yang lain, jika Anda terus berolahraga. Di sinilah karbohidrat ikut bermain. Karbohidrat adalah sumber energi yang efisien karena mereka melepaskan energi dengan cepat," tambahnya.

"Gram per gram, lemak melepaskan lebih banyak energi (9 kkal per gram) dibandingkan dengan karbohidrat (4 kkal per gram), namun, mereka melakukannya dengan laju yang lebih lambat, jadi ini bukan proses yang sangat efisien," jelasnya.

Namun, ini tidak berarti bahwa Anda harus menghindari karbohidrat sebelum berolahraga, Hay menjelaskan. "Tubuh Anda terus-menerus mencoba menyinkronkan apa yang terbakar dengan seberapa cepat energi terbakar, pada suatu titik waktu tertentu".

Di sinilah Anda dapat menyinkronkan aktivitas Anda ke tingkat di mana tubuh secara khusus membakar lemak, dengan usaha minimum tetapi kepuasan maksimal.

Kuncinya di sini adalah untuk memperlambat latihan, bukan mempercepatnya. Mungkin terdengar gila tapi itu benar.

"Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memproses dan mengekstrak energi dari lemak daripada dari karbohidrat," kata Hay.

LISS adalah singkatan dari pelatihan Low Stensity Steady State. Tidak seperti sepupunya yang lebih terkenal, HIIT (High Intensity Interval Training), yang bergantung pada latihan singkat melelahkan. LISS mengandalkan intensitas rendah, bentuk latihan yang lebih lembut yang dilakukan untuk waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Olahraga Aneh yang Dilakukan di Berbagai Dunia

"Pelatihan semacam ini jauh lebih baik disinkronkan dengan tingkat di mana tubuh Anda mengekstraksi energi dari lemak, dan karenanya memilih untuk membakar lemak dalam preferensi terhadap karbohidrat dan protein," ujar Hay.

Hentikan latihan singkat, padat dan melelahkan untuk membakar lemak. Dan mulailah latihan lambat namun efisien, contohnya berjalan atau jogging.

3. Garam dan pemanis


Sodium adalah mineral yang digunakan tubuh untuk mengontrol jumlah air yang ada dalam sistem kita. Semakin banyak natrium terakumulasi dalam tubuh, semakin banyak air yang disimpan dan tidak dikeluarkan dalam urin. Ini dapat membuat tubuh Anda menyimpan ekstra cairan.

Sekarang, jangan menghilangkan semua sodium dari makanan. Sodium adalah komponen penting dari metabolisme sel, dengan demikian, semua sel harus mengandung itu.

Ketika kita mengatakan garam, orang segera menganggap makanan asin dan gurih. Tetapi pemanis buatan misalnya, terutama sodium saccharide dan sodium cyclamate, memiliki sumber natrium yang berlimpah.

Hay menunjukkan bahwa, kita harus membatasi penggunaan garam dalam makanan. Trik agar makanan terasa lebih lezat, gunakan bumbu dan rempah-rempah sebagai gantinya. Bebas pemanis sebisa mungkin, terutama dari minuman kaleng, teh dan kopi.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Garam Laut atau Garam Meja?

Jika Anda benar-benar harus menambahkan sedikit rasa manis pada minuman, pilihlah alternatif alami yang sehat seperti madu, gula aren, agave atau bahkan sirup gula. Ini masih mengandung banyak gula, tetapi mereka lebih memiliki manfaat kesehatan.

4. Air soda


Anda mungkin berpikir, "Saya sudah tahu ini, minuman bersoda manis tidak hanya menambah berat badan, tetapi juga buruk untuk kesehatan secara umum." Tapi alasan itu bukan karena hanya gula yang dikandungnya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Obesity Research and Clinical Practice pada 2017 menunjukkan bahwa, karbon dioksida dalam minuman bersoda dapat mempengaruhi kenaikan berat badan, dengan meningkatkan pelepasan ghrelin.

Ghrelin, lebih dikenal sebagai hormon lapar, diproduksi terutama di perut. Dan satu di antara banyak efeknya adalah peningkatan nafsu makan. Ini menunjukkan ghrelin mengontrol nafsu makan dalam jangka pendek, dengan memberi tahu Anda saatnya untuk makan.

Bahkan, meskipun air soda tidak mengandung gula apa pun di labelnya, atau pemanis buatan dalam hal ini, karbon dioksida itu sendiri, adalah gas yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan melalui pelepasan ghrelin.

Baca Juga: Hilangkan Asam Urat dengan Baking Soda dan Lemon

"Jadi yang paling aman adalah membuangnya sama sekali dan minum air air putih," kata Hay.

5. Polusi


Terakhir, kenapa berat badan susah turun adalah polusi. Bagaimana bisa polusi mempengaruhi berat badan? Nah, ternyata dalam banyak hal.

"Ada semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa polusi bahkan dapat memengaruhi berat badan kita," kata Hay.

Sebuah penelitian di Beijing yang diterbitkan pada tahun 2016 melaporkan bahwa, paparan kronis terhadap polusi partikulat udara dapat meningkatkan risiko obesitas dan sindrom metabolik seperti diabetes tipe 2, hipertensi dan penyakit jantung.

Penambahan berat badan yang diinduksi oleh polusi, dikaitkan dengan aktivasi jalur pro-inflamasi dan stres oksidatif. Stres oksidatif telah terbukti menjadi salah satu penyebab dalam pengembangan berbagai sindrom metabolik, termasuk Diabetes Tipe 2.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah 'Nature' yang diberitakan dunia tentang bagaimana polutan organik persisten (POPs) seperti bisphenyls (PCB) dapat menyebabkan kenaikan berat badan, intoleransi glukosa terkait resistensi insulin dan, sekali lagi, diabetes tipe 2 dan lainnya.

Rick mengatakan, faktanya adalah hampir tidak mungkin untuk menghindari paparan polusi udara dan bahan kimia seperti POPs.

Polusi ada di setiap sudut dan celah lingkungan kita. Namun, kita dapat mengadopsi kebiasaan untuk membatasi efek negatifnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ikan dan daging (misalnya daging sapi, babi, dan ayam) adalah sumber makanan utama dari paparan POP (misalnya PCB). T

Dia hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan seperti sayuran, buah-buahan, jamur, beras, rumput laut, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan teh, yang kaya serat makanan, berhubungan dengan tingkat yang lebih rendah dari PCB dalam serum ibu dan janin.

Makanan organik akan menghindari bahan kimia seperti pestisida memasuki tubuh. Dan manfaat nutrisinya dua kali lipat: racun yang menyerang tubuh melalui makanan dinetralkan oleh sumber kimia penting, yang ditemukan di tubuh Anda seperti kalsium dalam tulang Anda.

Baca Juga: Foto-foto Polusi Udara Parah di Beijing

Menjadi organic berarti bahwa Anda tidak hanya membatasi konsumsi bahan kimia berbahaya, juga memakan makanan dengan kandungan nutrisi yang optimal.

Itulah lima alasan kenapa berat badan susah turun, meskipun Anda sudah diet ketat.

sumber: dailymail.co.uk
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel