7 Gejala Penyakit Liver yang Sering Diabaikan

Banyak orang di Afrika Selatan menderita penyakit liver atau sirosis hati. Apakah itu disebabkan oleh alkohol atau tidak, efeknya sangat menghancurkan. Namun pada awalnya, beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa liver atau hati mereka terganggu.

Hati umumnya cukup mampu memperbaiki sel-sel yang rusak. Tetapi setelah kerusakan yang terus-menerus, sel-sel ini tidak pernah sembuh, yang dapat menyebabkan sirosis. Begitu ini terjadi, tanda dan gejala kerusakan hati akan semakin parah.

Dikutip dari Health24.com, banyak dari gejala penyakit liver seperti, kelelahan, mual, nafsu makan yang buruk. Namun tidak spesifik, sehingga banyak orang mungkin tidak memperhatikannya pada awalnya. Dan berikut 7 gejala penyakit liver yang sering kita abaikan.

Telapak tangan merah. Gambar: Piabay.com/andreas160578

1.  Kulit gatal


Anda mungkin tidak akan menganggap serius kulit gatal kecuali ada ruam. Tetapi kulit gatal dapat terjadi ketika  empedu  hadir dalam aliran darah karena kerusakan hati.

Ketika saluran empedu Anda tersumbat, empedu mandek dan mengalir kembali ke aliran darah. Ini menumpuk di bawah kulit dan menyebabkan gatal.

2.  Muncul 'sarang laba-laba' di kulit


Ini adalah kapiler kecil seperti laba-laba yang terlihat di bawah kulit. Mereka disebabkan oleh kadar estrogen yang lebih tinggi, yang merupakan indikasi bahwa hati tidak berfungsi dengan baik, dan tidak memetabolisasikan hormon.

Vena yang tidak sedap dipandang ini sering muncul di wajah dan kaki karena pembesaran arteriol, cabang-cabang yang berasal dari arteri ke kapiler.

3.  Memar dan berdarah


Jika Anda merasa mudah memar atau berdarah setelah terluka, ini mungkin pertanda bahwa hati Anda tidak sehat. Protein yang Anda butuhkan untuk menggumpal darah, tidak lagi diproduksi dalam jumlah yang cukup.

4.  Bau mulut


Napas yang bau dapat mengindikasikan banyak masalah kesehatan, seperti sinusitis atau penyakit gusi, tetapi juga bisa menjadi pertanda kerusakan hati.

Bau mulut selama gagal hati juga dikenal sebagai foetor hepaticus. Ini adalah bau musky dalam napas yang disebabkan oleh tingkat tinggi dimethyl sulphide, yang terjadi dalam darah ketika Anda menderita sirosis hati.

5. Noda dan hiperpigmentasi pada wajah


Pigmentasi coklat yang tidak sedap dipandang pada wajah dapat terjadi jika hati lamban dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika hati tidak berfungsi dengan baik, estrogen dalam sistem meningkat. Ini menyebabkan zat bernama tirosinase , enzim yang mengandung tembaga, menghasilkan lebih banyak melanin (pigmentasi kulit) dan menyebabkan noda pada wajah atau seluruh tubuh.

6.  Telapak tangan merah


Telapak tangan merah, gatal dan terasa terbakar, juga dikenal sebagai eritema palmar, bisa menjadi tanda kerusakan hati. Kondisi ini terjadi akibat kadar hormon abnormal dalam darah.

7. Kurang konsentrasi


Apakah Anda berjuang di tempat kerja akhir-akhir ini? Kurangnya konsentrasi Anda mungkin bukan karena video kucing lucu di Internet dan penundaan, tetapi bisa menjadi pertanda hati yang tidak sehat.

Dua fungsi hati yang paling signifikan adalah untuk mendetoksifikasi dan memberi energi pada tubuh.

Ketika darah dipenuhi dengan racun, yang dihasilkan dari hati yang tidak berfungsi dengan baik, otak Anda dapat terpengaruh.

Energi metabolis yang melambat, dapat menyebabkan kelelahan, yang memengaruhi kejernihan mental. Ini dapat bermanifestasi dalam tanda-tanda halus seperti pelupa atau masalah besar seperti tergelincir dan langsung koma.

Baca Juga:

Hilangkan Asam Urat Hingga Tuntas dengan Pohon Kelor

10 Buah Bantu Bersihkan Racun di Hati

Butuh Satu Gelas, Organ Hati Kembali 'Baru'
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel