7 kondisi berbahaya yang dimulai dengan batuk

Kita semua kerap merasakan batuk dari waktu ke waktu. Kadang-kadang tenggorokan kita hanya gatal, baik karena musim dingin atau pilek dan flu. Tapi jarang sekali kita memperhatikan batuk, yang biasanya hilang setelah beberapa hari.

Tetapi kapan batuk lebih dari sekadar gatal di tenggorokan, atau gejala flu biasa? Pada penyakit serius seperti asma, TBC dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), batuk seringkali merupakan indikasi pertama bahwa ada sesuatu yang salah.

Berikut adalah tujuh kondisi saat batuk jadi lebih berbahaya yang harus Anda pikirkan. Apalagi jika Anda jarang memeriksanya ke dokter. Simak ulasan lengkapnya di tautan ini.

Ilustrasi batuk berbahaya.

1. Kanker paru-paru

Kita tahu bahwa merokok adalah faktor risiko besar untuk mengembangkan kanker paru-paru, tetapi orang yang tidak merokok pun bisa berisiko. Kanker paru-paru dimulai ketika sel-sel abnormal tumbuh di dinding bronkial, menurut ulasan Health24.com. Batuk bisa menjadi tanda kanker dan disebabkan oleh penonjolan intrabronkial tumor.

Lesi ini dapat mengubah karakter suara pada batuk kronis menjadi suara “kasar”. Penelitian dari Universitas Sheffield Hallam menunjukkan bahwa, Anda harus pergi ke dokter jika batuk berlangsung lebih dari tiga minggu. Pada stadium lanjut penderita cenderung batuk darah, yang merupakan indikator mendesak bahwa Anda harus mendapatkan perhatian medis.

2. Cystic fibrosis

Cystic fibrosis adalah penyakit bawaan yang ditandai oleh lendir yang kental dan lengket, yang mencegah organ seperti paru-paru dan pankreas bekerja dengan benar. Menurut The Cystic Fibrosis Foundation "lendir menyumbat saluran pernapasan dan bakteri, menyebabkan infeksi, kerusakan paru-paru yang luas, dan akhirnya, gagal napas". Dahak tebal (zat yang dihasilkan dengan batuk atau membersihkan tenggorokan), dan batuk kronis serta bengek adalah tanda-tanda penyakit ini.

3. Atelektasis

Atelektasis terjadi ketika satu atau beberapa area paru-paru Anda kolaps, atau tidak mengembang dengan baik. Ini bisa disebabkan oleh akumulasi lendir di saluran udara. Batuk mungkin lebih parah daripada biasanya, menurut Institut Jantung, Paru dan Darah Nasional, dan ini bisa menjadi indikator kondisi tersebut.

4. Gagal jantung kongestif

Beberapa kondisi menyebabkan kerusakan langsung dan nyata, tetapi yang lain seperti gagal jantung kongestif (CHF) biasanya berkembang seiring waktu. Hati penderita tidak dapat memompa darah secara efektif dan atau mencegah darah menumpuk di paru-paru. Gejala awal dari penyakit ini adalah batuk kering yang kronis, terutama ketika berbaring. CHF tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan serangan jantung, dan akhirnya kematian.

5. Sarkoidosis

Sarkoidosis adalah penyakit radang yang menyerang banyak organ dalam tubuh. Sebuah studi oleh Foundation for Sarcoidosis Research menemukan bahwa itu memicu kekebalan yang meningkat, "yang berarti bahwa sistem kekebalan seseorang, yang biasanya melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit, bereaksi berlebihan dan merusak jaringan tubuh sendiri".

Ketika sarkoidosis mempengaruhi paru-paru (juga disebut fibrosis paru), peradangan dapat merusak jaringan paru-paru yang menyebabkan berkurangnya kadar oksigen. Batuk kering yang menetap, dan sulit bernapas adalah tanda-tanda potensial penyakit ini.

6. Edema paru

Edema paru berarti ada kelebihan cairan di paru-paru. Cairan mengumpul di kantung udara, sehingga sulit bernapas. Batuk yang menghasilkan dahak dengan gelembung-gelembung kecil bisa menjadi tanda edema paru-paru, demikian hasil penelitian dari University of Maryland. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter ketika Anda menghasilkan dahak merah muda berbusa selama batuk.

7. Sindrom gangguan pernapasan akut

SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) adalah penyakit pernapasan virus yang menular dan terkadang fatal. Gejalanya mirip dengan penyakit pernapasan lainnya seperti flu dan pneumonia. Penyakit ini ditransfer ketika seseorang batuk, dan batuk kronis yang menetap mungkin merupakan tanda dari SARS. Konsultasikan dengan dokter jika Anda kesulitan menghilangkan batuk.

Baca Juga:

Resep Mujarab Obat Batuk Kering yang Alami, Sembuh dalam Sehari

Mengerikan, Saat Batuk Pria Ini Keluarkan Bagian dari Paru-parunya

Sembuhkan Batuk dengan Menyimpan Kentang di Kaus Kaki
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel