7 Rumah Makan Khas Sunda di Bandung yang Enak dan Khas

Saat kita berwisata ke Kota Kembang tentu ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan, yaitu rumah makan khas sunda di Bandung. Ada banyak rumah makan khas Sunda di Bandung yang enak dan unik, serta menyajikan menu yang tidak biasa.


Seperti nasi liwet, lalapan, dan juga sambal pedas yang bisa membuat kita berkeringat saat menyantapnya. Mungkin Anda akan dibuat bingung, kemana harus pergi untuk mencari rumah makan khas Sunda di Bandung karena saking banyaknya.

Nah, berdasarkan pengalaman saya berkeliling Bandung dan menikmati rumah makan khas Sunda di Bandung, ada beberapa yang saya rekomendasikan. Dan ini berdasarkan pengalaman saya dan keluarga loh..

Baca Juga: Napak Tilas Bandung di Tahun 1910-an

Untuk dokumentasi, kami memang jarang sekali melakukannya karena makan harus bebas dari gadget. Yuk kita simak rumah makan apa saja?

Rumah Makan Ampera Bandung


Rumah makan Ampera Bandung
Rumah makan Ampera Bandung. Gambar: http://traveling.maslatip.com
Pertama kita mengulas tentang rumah makan khas Sunda di Bandung yang cukup familiar, yaitu rumah makan Ampera Bandung. Rumah makan yang satu ini hampir bisa kita temukan di mana-mana. Mulai dari Jalan Soekarno Hatta, yang menjadi pusatnya hingga di Mal dan pusat berbelanjaan.

Rumah makan Ampera Bandung ini menyajikan menu khas Sunda yang cukup lengkap, serta beragam minumannya. Suasananya juga cukup nyaman, tetapi jika Anda ingin yang cukup lengkap, saya sarankan untuk datang ke Rumah Makan Ampera Bandung di Jalan Soekarno Hatta atau Bypass.

Lokasi rumah makan Ampera Bandung
Lokasi rumah makan Ampera Bandung.
Tetapi jika ingin suasana yang cukup berbeda, saya sarankan pergi ke rumah makan ampera di Cibiru. Di sana legkap dengan kolam ikan di dalamnya. Yang membuat anak-anak cukup betah berada di sana. Kita juga bisa makan di lesehan maupun bangku yang sudah disediakan.

Baca Juga: Soto Bandung, Segar dan Kaya Manfaat

Rumah Makan Bu Imas


Rumah makan bu imas di Bandung
Rumah makan bu imas di Bandung. Gambar: sebandung.com
Sekarang mari kita jalan-jalan ke pusat kota, tepatnya di dekat Alun-alun Bandung. Di sana ada Rumah Makan Bu Imas, tepatnya berada di jalan Balonggede Bandung. Namun, rumah makan Bu Imas tidak seluas Ampera.

Tetapi Anda harus mencoba sambal, karedok leunca dan juga ayam bakarnya yang khas dan lezat. Ya, karedok leunca di sini disajikan bersama dengan makanan dan gratis tanpa ada biaya tambahan. Untuk sambalnya, Anda bisa berkeringat deras. Selain tempatnya memang kecil, dan sedikit panas, sambalnya juga pedas abis.

Lokasi rumah makan bu Imas Bandung
Lokasi rumah makan bu Imas Bandung.
Nah, jika Anda penyuka makanan pedas wajib mampir kesini. Menu yang disajikan juga cukup lengkap untuk rumah makan khas Sunda di Bandung.

Rumah Makan Bancakan Bandung


Rumah makan Bancakan Bandung
Rumah makan Bancakan Bandung. Gambar: sebandung.com
Berikutnya kita akan jalan-jalan ke dekat Gedung Sate Bandung, tepatnya rumah makan Bancakan Bandung. Lokasinya dekat dengan pusat pemerintahan DPRD atau Gedung Sate Bandung. Hanya beberapa ratus meter saja, kita bisa menemukan rumah makan Bancakan Bandung.

Baca Juga: Ciwidey dan Strawberry yang Kian Mempesona

Yang unik dari rumah makan ini adalah menu dan juga nasi liwetnya. Ya, kita bisa menemukan nasi liwet yang langsung disajikan dari dandangnya. Apalagi di sini ada petai bakar, beleum peda, hingga es cincau.

Lokasi rumah makan Bancakan Bandung
Lokasi rumah makan Bancakan Bandung.
Rumah makan Bancakan Bandung juga kerap menjadi langganan artis-artis Ibukota yang sedang berada di Bandung. Di samping itu, desainnya juga cukup unik dengan beragam gambar dan kata-kata khas. Tempatnya cukup nyaman, namun di weekend dan jam-jam makan, biasanya akan sedikit penuh bahkan kita harus antre.

Rumah Makan Alas Daun Bandung


Rumah makan Alas Daun Bandung
Rumah makan Alas Daun Bandung. Gambar: wisatabdg.com
Tidak jauh dari rumah makan Bancakan Bandung, kita bisa juga melipir ke Rumah Makan Alas Daun Bandung yang lokasi dekat dengan Gedung Sate. Di sini tempatnya cukup luas dan juga nyaman, namun tetap saja di jam-jam tertentu cukup banyak pengunjungnya.

Menu makanan di sini juga cukup unik dan khas Sunda, sehingga kita bisa dengan leluasa memesan makanan kesukaan kita. Beragam nasi, seperti nasi putih dan merah, tumisan hingga es cingcau dan juga es geboy bisa kita temukan di sini.

Lokasi rumah makan Alas Daun Bandung
Lokasi rumah makan Alas Daun Bandung.
Lokasi rumah makan ini ada di jalan Citarum, dekat dengan Masjid Pusdai. Nah, jika Anda berada tidak jauh dari lokasi dan sedang lapar, bisa sejenak melipir ke Rumah Makan Alas Daun Bandung. Makanannya cukup rekomended dengan suasana yang cukup nyaman.

Rumah Makan Mang Kabayan


Menu di rumah makan Saung Kabayan Pasteur
Menu di rumah makan Saung Kabayan Pasteur. Gambar: pergikuliner.com

Rumah makan Saung Kabayan Bandung ini cocok bagi Anda yang baru saja memasuki Bandung dengan perut keroncongan. Karena lokasinya dekat dengan gerbang tol Pasteur. Tepatnya di sebelah kanan, saat Anda keluar dari jalan tol.

Menu makanan yang disajikan khas Sunda dan banyak ragamnya. Ragam ayam, mulai dari goreng, bakar hingga satenya bisa kita temukan di sini. Soal harga masih dalam batas wajar.

Lokasi rumah makan Saung Kabayan Pasteur
Lokasi rumah makan Saung Kabayan Pasteur.
Lokasinya pun cukup nyaman, dengan parkiran mobil cukup luas, apalagi bangunannya khas Sunda sekali. Anda bisa dengan mudah menemukan rumah makan Saung Kabayan ini karena tepat berada di pinggir jalan raya Pasteur.

Rumah Makan Rencong Ciparay


Menu rumah makan Rencong Ciparay
Menu rumah makan Rencong Ciparay. Gambar: sebandung.com
Sekarang kita sedikit jalan-jalan ke perbatasan Bandung, terutama daerah Ciparay di sana ada rumah makan Rencong yang unik. Berada di tengah sawah, kita bisa menikmati suasana yang nyaman dan sejuk apalagi di musim hujan seperti saat ini.

Keunikan lain rumah makan Rencong Ciparay ini adalah tempatnya yang terdapat kolam ikan. Dan kita bisa makan tepat di atas kolam. Jangan takut, Anda tetap akan nyaman dan aman berada di sini dan saat menyantap makanan.

Lokasi rumah makan Rencong Ciparay
Lokasi rumah makan Rencong Ciparay.
Menu makanannya pun cukup beragam, namun ikan mujair dan guramenya sangat khas sekali. Karena diambil langsung dari kolam dan masih segar. Tidak salah jika Anda melipir ke rumah makan Rencong Ciparay jika ingin suasana Bandung yang khas dan unik.

Rumah Makan Kampung Sawah Bandung

Tempat makan di rumah makan kampung sawah Bandung
Tempat makan di rumah makan kampung sawah Bandung. Gambar: umahmakanjembar.files.wordpress.com
Nah, jika Anda hendak pergi atau pulang dari Ciwidey coba mampir ke rumah makan Kampung Sawah yang berada di Banjaran-Soreang. Rumah makan ini tepat berada di tengah-tengah sawah dengan pemandangan yang menyejukkan di Bandung Selatan.

Menu yang disajikan di rumah makan Kampung Sawah ini juga lengkap, mulai dari ikan goreng hingga ayam. Tempat makannya pun juga cukup unik, karena ada saung-saung kecil yang berada tepat di atas kolam ikan.

Lokasi rumah makan Kampung Sawah Bandung.
Selain itu, jika Anda membawa anak bisa membawanya berenang yang berada di samping lokasi tempat makan. Selain itu, ada juga kolam pemancingan yang membuat bapak-bapak makin betah, terutama yang senang dan hobi memancing.

Rumah Makan Punclut

Rumah makan Punclut Bandung
Rumah makan Punclut Bandung.
Terakhir, kita akan 'mendaki' bukit untuk menyantap makanan khas Sunda di Bandung, yaitu rumah makan Punclut. Rumah makan Punclut ini memang tidak hanya ada satu, tetapi puluhan rumah makan yang berada di saerah Punclut, di Bandung Utara.

Jalan untuk sampai di sini memang cukup terjal, hanya di beberapa titik saja. Apalagi jalannya cukup sempit, sehingga bagi yang membawa mobil harus ekstra waspada. Namun setelah tiba di atas Punclut, Anda akan disajikan pemandangan indah Kota Bandung dan juga deretan rumah makan Punclut yang jumlahnya banyak.

Lokasi rumah makan Punclut Bandung
Lokasi rumah makan Punclut Bandung.
Hampir semuanya menyajikan menu yang sama, mulai dari ayam bakar, ikan bakar, hingga beragam sate dan juga ikan peda. Namun saya lebih merekomendasikan Rumah makan Teh Ita, yang memang banyak cabangnya di sana.

Harga makanan di sini cukup beragam dan terjangkau.


Selain 7 rumah makan khas Sunda di Bandung di atas, masih banyak lagi rumah makan yang unik dan belum bisa dibahas  di artikel ini. Mudah-mudahan lain waktu saya akan membahas tidak hanya makanan, tetapi jajanan kekinian dan juga legenda yang ada di Bandung..

Tidak lengkap rasanya ke Bandung tanpa menikmati kuliner khas Sunda yang ada di sana.

Selamat mencoba..
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel