Terapi Bayam Mentah Agar Kadar Gula Darah Normal Kembali

Menjaga kadar gula darah normal terkadang sangat susah, apalagi jika kita tidak menjaga pola makan. Apalagi jika Anda kurang makan sayur seperti bayam, kale atau sayuran hijau lainnya.

Jika kadar gula darah di dalam tubuh terus tinggi, maka kita akan rentan sekali terkena penyakit diabetes. Padahal penyakit ini sulit sekli disembuhkan jika sudah menyerang tubuh, dan yang bisa kita lakukan adalah menjaga kadar gula darah tetap normal.

Nah untuk melakukan hal tersebut ternyata tidak sulit, kita bisa melakukan terapi bayam mentah untuk menormalkannya. Bagaimana caranya? Simak ulasan lebih lengkapnya di tautan berikut ini.

Bayam mentah. Gambar: Pixabay.com/MabelAmber
Memotong bayam mentah dan memasukkannya ke dalam smoothie, adalah cara paling sehat untuk memakannya, dalam sebuah penelitian.

Memasak sayuran berdaun hijau ini hanya akan memecah kandungan antioksidan. Sementara mencampurkannya dalam keadaan mentah dengan yoghurt atau susu, akan membantu melepaskan nutrisi lutein yang kuat.

Dan merebus atau menggoreng bayam, adalah cara yang bisa menghancurkan lutein.

Lutein sendiri membantu menurunkan risiko serangan jantung dan mencegah kerusakan mata, bahkan membuat kadar gula darah normal kembali.

Peneliti dari Linköping University di Swedia menguji berbagai cara memasak bayam yang dibeli di supermarket, untuk melihat bagaimana kandungan nutrisinya berubah.

Mereka mengukur kadar lutein secara teratur, dan menyimpulkan bahwa daunnya paling baik dicincang dan dikonsumsi mentah bersama susu.

"Yang terbaik adalah tidak memanaskan bayam sama sekali," kata peneliti dan penulis studi Rosanna Chung.

"Dan yang lebih baik lagi adalah membuat smoothie dan menambahkan lemak dari produk susu, seperti krim, susu, atau yoghurt," tambah mereka.

Ketika bayam dipotong-potong kecil, lebih banyak lutein dilepaskan dari daun. Dan lemak meningkatkan kelarutan lutein dalam cairan.'

Semakin banyak lutein larut dalam smoothie, semakin banyak yang dapat diserap oleh tubuh, para ilmuwan menyarankan dikutip dari dailymail.co.uk.

Padahal memasak bayam dalam waktu lama dengan panas tinggi - seperti lasagna atau menggorengnya - adalah cara yang dapat merusak nutrisi sayuran hijau ini.

Makanan yang dimasak dengan api kecil, seperti rebusan, mengandung lebih banyak vitamin, dengan memanaskan bayam dalam microwave juga berpotensi menjadi pilihan yang lebih sehat, menurut penelitian.

Penulis studi, Profesor Lena Jonasson, dari departemen ilmu kedokteran dan kesehatan, mengatakan: "Yang unik dari penelitian ini adalah bahwa kami telah menggunakan metode persiapan yang sering digunakan saat memasak makanan di rumah."

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry.

Lutein telah terbukti membantu mengurangi pembengkakan kronis pada pembuluh darah orang dengan penyakit arteri koroner, yang dapat menurunkan risiko serangan jantung.

Juga disebut sebagai 'vitamin mata' karena lutein dianggap melindungi terhadap kerusakan dari sinar matahari.

Banyak juga yang menggunakan suplemen lutein dalam upaya untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker usus besar atau payudara, dan diabetes tipe 2. Jadi, jika Anda ingin membuat kadar gula darah normal, maka konsumsi bayam mentah atau dibuat menjadi smoothie.

Baca Juga:

Kabar Gembira, Penderita Diabetes Bisa Sembuh dalam Dua Minggu

8 Makanan Enak yang Bikin gula Darah Tinggi dan Terus Naik

Sayuran Satu Ini Ampuh Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel