Luar Biasa, Bratawali Cepat Turunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan beragam gangguan kesehatan, mulai dari diabetes hingga penyakit jantung. Namun untuk menurunkan kadar gula darah ternyata cukup mudah, cukup dengan tanaman bratawali.

Secara ilmiah, tanaman ini disebut sebagai Tinospora cordifolia, atau disebut juga giloy. Tanaman ini secara turun temurn diketahui memiliki jawaban atas berbagai masalah kesehatan.

Bratawali juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, kapsul atau bubuk. Dan dianggap sebagai ramuan populer di kalangan naturopaths, karena popularitasnya yang terus meningkat. Dan berikut adalah cara terbaik mengonsumsi bratawali untuk turunkan kadar gula darah.

Daun bratawali.
Dalam pengobatan Ayurvedic, dikutip dari boldsky.com bratawali umumnya digunakan dalam pengobatan demam kronis, kekebalan rendah, asma, asam urat, kanker, kelelahan, flu biasa, dan berbagai penyakit lainnya.

Batang tanaman ini adalah yang paling bermanfaat, sementara daunnya juga bermanfaat. Aman dikonsumsi oleh orang dewasa, dan anak-anak berusia lima tahun ke atas.

Nilai Gizi Bratawali Atau Giloy


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Pandey, Paul, Singh dan Ali, 100 gram daun giloy mengandung lemak 0,36 gram, kelembaban 31,36% dan energi 88,64 kalori.

100 gram giloy mengandung kira-kira

• 3,34 gram karbohidrat
• protein 2,30 gram
• serat 11,321 gram
• 5,87 miligram zat besi
• 85,247 miligram kalsium
• 303,7 mikrogram vitamin A
• 56 miligram vitamin C.

Manfaat Daun Giloy


1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat paling penting dari giloy adalah dampaknya pada peningkatan kesehatan kekebalan tubuh keseluruhan individu. Sifat imunostimulan dari ramuan ini sangat membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan dalam ramuan ini memurnikan darah, menghilangkan racun, dan melawan bakteri penyebab penyakit. Dengan melawan radikal bebas, itu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda yang akan menyingkirkan penyakit.

2. Mengobati demam kronis

Menjadi anti-piretik, ramuan adalah solusi untuk menghilangkan demam berulang. Giloy dapat mengurangi tanda dan gejala  demam. Penggunaan giloy dapat membantu menopang tubuh Anda dari penyakit yang mengancam jiwa seperti flu babi, demam berdarah, dan malaria, dll.

3. Mengobati diabetes

Giloy bersifat hipoglikemik, yang menjadi sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Mengkonsumsi giloy untuk mengobati diabetes adalah efektif karena dapat mengurangi tingkat lipid dan menurunkan kadar gula dalam darah. Ini semakin efektif dalam kasus diabetes tipe 2. Minum gelas jus giloy bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes tipe 2.

Dosis: Anda dapat mencampur 10-15 ml jus giloy dalam segelas air dan mengonsumsi dalam perut kosong di pagi dan sore hari.

4. Meningkatkan pencernaan

Menurut bukti Ayurvedic, giloy sangat bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh Anda. Ia memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga meningkatkan metabolisme. Ini membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan, membantu tubuh melakukan proses lebih efisien.

5. Mengobati asma

Sejak berabad-abad, giloy telah digunakan dalam pengobatan infeksi pernapasan. Rempah-rempah menyeimbangkan ketidakseimbangan seperti kejengkelan dan membantu dalam memperbaiki kondisi. Ini juga efektif untuk obat batuk biasa.

6. Mengurangi stres & kecemasan

Menjadi adaptogen yang kuat, giloy efektif dalam mengurangi tingkat stres. Ini meredakan stres dengan menenangkan saraf Anda. Rempah-rempah bekerja sangat baik dalam membantu orang dengan kecemasan, karena kualitas menenangkan meredakan ketegangan.

7. Meningkatkan fungsi kognitif

Khasiat antioksidan dari ramuan ini sangat efektif untuk mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Demikian juga, ini disebut sebagai "medha rasayana" karena dikatakan meningkatkan  kesehatan mental dan fungsi kognitif Anda. Dengan membersihkan racun, giloy membantu fungsi otak.

8. Mengobati radang sendi

Sifat anti-inflamasi dari ramuan membantu meringankan penyakit yang menyakitkan. Ini menyembuhkan kondisi peradangan seperti asam urat dan rheumatoid arthritis. Giloy juga dikatakan memiliki  sifat antiartritik dan membantu dengan gejala seperti nyeri sendi.

9. Menunda penuaan

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi Giloy membantu mencegah penuaan dini. Ini membantu kulit Anda dari stres oksidatif, dan  racun lingkungan. Ramuan ini membantu mengurangi jerawat, bintik hitam, kerutan dan garis-garis dan membuat kulit cerah dan muda.

10. Melawan penyakit kulit

Anti-inflamasi dan antioksidan bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit dan masalah seperti eksim, psoriasis, dll. Rempah membantu menghilangkan rasa gatal, dan ketidaknyamanan umum yang disebabkan oleh kondisi tersebut.

11. Mengobati gangguan mata

Giloy banyak digunakan dalam mengobati masalah yang berkaitan dengan mata. Ini sangat membantu dalam kasus masalah terkait visi, karena konsumsi giloy dapat membantu meningkatkan visi dan kejelasan. Menerapkannya langsung ke kelopak mata Anda dikenal untuk membantu meredakan ketegangan dan menghilangkan stres di mata.

12. Adalah afrodisiak

Dalam Ayurveda, giloy disebut sebagai 'vrushya' yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kesehatan seksual. Ini digunakan untuk menyembuhkan masalah yang  berhubungan dengan kesehatan seksual seperti impotensi. Mengkonsumsi giloy akan membantu meremajakan libido, membantu Anda mengatasi kesulitan apa pun. Demikian juga, itu juga bermanfaat untuk mengendalikan ejakulasi tak disengaja atau berlebihan atau spermatorrhea.

Cara Mempersiapkan Jus Giloy


Bahan
• Batang Giloy (sekitar 30 centimeter)
• 6 gelas air

Petunjuk
• Lepaskan lapisan di atas batang dengan mengupasnya dengan lembut.
• Giling dengan baik.
• Tambahkan air dan aduk rata.
• Saring minuman dan konsumsi.

Peringatan
• Dapat menyebabkan iritasi dan sembelit perut.
• Dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga pasien diabetes harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.
• Ini dapat menstimulasi sistem kekebalan Anda secara berlebihan, membuatnya terlalu aktif. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan gejala penyakit seperti lupus, rheumatoid arthritis dll.
• Lebih baik untuk menghindari giloy selama kehamilan dan menyusui.

Baca Juga:

Manfaat dan Resep Sayur Bayam Merah yang Bikin Gula Darah Normal

Terapi Bayam Mentah Agar Kadar Gula Darah Normal Kembali

Cara Enak Turunkan Kadar Gula Darah dengan Kacang Almond
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel