Cara Enak Turunkan Kadar Gula Darah dengan Kacang Almond

Kacang Almond mungkin bukan makanan aneh bagi kita. Ya, kita bisa menemukannya di dalam es krim hingga cokelat. Tapi tahukah Anda, jika almond dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh?

Ya, beberapa makanan memang bekerja sangat baik dalam menurunkan kadar gula darah. Bahkan almond juga dapat menghilangkan 'lonjakan gula' setelah makan, kata penelitian baru dari Kanada.

Lalu bagaimana cara yang tepat mengonsumsi kacang almond untuk menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh? Simak ulasan lengkapnya di tautan berikut ini.
Kacang almond. Gambar: Gambar: PublicDomainPictures


Kacang Almond


"Kami menemukan bahwa makan almond dapat memiliki dampak yang signifikan dalam menumpulkan respons glikemik dan insulin tubuh ketika diberi makan karbohidrat," kata rekan penulis studi Cyril Kendall dari University of Toronto dikutip dari health24.com.

"Almond telah ditemukan mengurangi kadar kolesterol LDL dan mengandung berbagai nutrisi penting," katanya. "Penelitian baru ini menunjukkan bahwa memasukkan kacang almond ke dalam makanan dapat membantu dalam pengelolaan kadar gula darah dan timbulnya penyakit seperti diabetes, juga membuat jantung sehat."

Bagaimana penelitian itu dilakukan


Studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition edisi terbaru ini mengamati efek dari lima kali makan, dimakan pada lima kesempatan berbeda, pada kadar glukosa darah, insulin dan antioksidan dari 15 sukarelawan sehat (delapan wanita).

Makanannya adalah: dua makanan uji kontrol dengan roti putih, makanan uji dengan roti putih plus 60 gram almond, makanan uji dengan nasi pratanak, dan makanan uji dengan kentang tumbuk instan. Semua makanan seimbang dengan karbohidrat, lemak, dan protein, menggunakan mentega dan keju.

Peneliti utama David Jenkins melaporkan bahwa indeks glikemik untuk makan nasi dan almond, secara signifikan menurunkan kadar gula darah daripada makan kentang (masing-masing 38 dan 55 vs 94).

Konsentrasi tiol protein serum diukur untuk mengukur tingkat kerusakan protein oksidatif - peningkatan kadar yang terkait dengan kerusakan yang lebih sedikit. Jenkins dan rekan kerjanya melaporkan bahwa, setelah makan almond, konsentrasi tiol meningkat (15mmol / L), sementara penurunan diamati setelah makan roti kontrol, nasi, dan kentang.

"Almond cenderung menurunkan risiko ini dengan mengurangi perjalanan glikemik dan juga menyediakan antioksidan," kata para peneliti.

Meningkatnya permintaan almond


Permintaan almond telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, karena selera berbagai komunitas pemakan almond telah berkembang. Bahkan kacang almond menjadi makanan yang lebih umum.

Studi ini didanai oleh Dewan Almond California, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik Research Council of Canada (NSERC), dan Endowment Ketua Penelitian Kanada dari Pemerintah Federal Kanada.

Baca Juga:

Terapi Bayam Mentah Agar Kadar Gula Darah Normal Kembali

Kabar Gembira, Penderita Diabetes Bisa Sembuh dalam Dua Minggu

Sayuran Satu Ini Ampuh Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel