Makanan Pemicu yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Ilustrasi penderita asam urat.
Asam urat adalah bentuk arthritis yang menyakitkan, yang terjadi ketika kadar asam urat tinggi di dalam darah. Hal ini menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan di sekitar sendi.

Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah kimia yang disebut purin. Purin terjadi secara alami di tubuh Anda, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu. Asam urat secara normal akan dikeluarkan dari tubuh dalam urin.

Untuk itu makanan bisa menjadi pemicu asam urat, sekaligus membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Makanan bukanlah obat. Tapi dapat dapat menentukan jika Anda kemungkinan terserang asam urat yang berulang.

Penderita asam urat harus mengikuti pola makan, agar bisa menurunkan kadar asam urat. Tujuannya agar asam urat tidak sering kambuh dan kita bisa menghindari obat pereda nyeri dan radang.

Selain itu, mencapai berat badan yang ideal harus dilakukan, karena membatasi makanan saja tidak cukup.

Penelitian menunjukkan bahwa, mengurangi jumlah kalori dan menurunkan berat badan - bahkan tanpa makanan yang dibatasi purin - dapat menurunkan kadar asam urat. Dan mengurangi jumlah serangan asam urat. Menurunkan berat badan juga mengurangi tekanan keseluruhan pada sendi.

Berikut adalah pola makan yang dirancang untuk penderita sekaligus pemicu asam urat:


Karbohidrat kompleks
Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh, yang menyediakan karbohidrat kompleks. Hindari makanan dan minuman dengan sirup jagung fruktosa tinggi, dan batasi konsumsi jus buah manis alami.

Baca Juga: Manfaat Ketumbar untuk Obat Asam Urat dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Air
Tetap terhidrasi dengan baik dengan meminum air sebanyak 8 gelas sehari.

Lemak
Kurangi lemak jenuh dari daging merah, unggas berlemak, dan produk susu berlemak tinggi.

Protein
Fokus pada daging tanpa lemak dan unggas, susu dan lentil rendah lemak sebagai sumber protein.

Berikut adalah beberapa makanan pantangan yang harus dihindari penderita asam urat:


Organ dan daging glandular
Hindari daging seperti hati, ginjal dan roti manis, yang memiliki kadar purin tinggi dan berkontribusi terhadap kadar asam urat darah tinggi.

Daging merah
Batasi ukuran porsi daging sapi, domba dan babi.

Makanan laut
Beberapa jenis makanan laut - seperti ikan teri, kerang, sarden dan tuna - lebih tinggi pada purin daripada jenis lainnya. Tetapi manfaat kesehatan keseluruhan dari makan ikan mungkin lebih besar daripada risiko untuk orang dengan asam urat. Makan ikan dalam jumlah sedang boleh dilakukan penderita asam urat.

Sayuran purin tinggi
Penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran yang mengandung purin tinggi, seperti asparagus dan bayam, tidak meningkatkan risiko serangan asam urat atau kambuh.

Alkohol
Bir dan minuman keras suling dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan asam urat dan berulang. Konsumsi anggur tidak serta merta meningkatkan risiko serangan asam urat. Hindari alkohol selama serangan asam urat, dan batasi alkohol, terutama bir, di antara serangan.

Makanan dan minuman manis
Batasi atau hindari makanan manis seperti sereal yang dimaniskan, roti, dan permen. Batasi konsumsi jus buah manis alami.

Makanan yang bisa dikonsumsi penderita asam urat tanpa was-was:


Vitamin C
Vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah suplemen vitamin C 500 miligram cocok dengan rencana pengobatan Anda.

Kopi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang, terutama kopi berkafein biasa, dapat dikaitkan dengan penurunan risiko asam urat. Minum kopi mungkin tidak tepat jika Anda memiliki kondisi medis lainnya. Bicarakan dengan dokter Anda tentang berapa banyak kopi yang tepat untuk Anda.

Ceri
Ada beberapa bukti bahwa makan ceri dikaitkan dengan penurunan risiko serangan asam urat.

Contoh menu makanan untuk penderita asam urat

Inilah yang mungkin Anda makan dalam keharian pada diet asam urat.


Sarapan
Sereal gandum utuh tanpa pemanis dengan skim atau susu rendah lemak
1 cangkir stroberi segar
kopi
air

Makan siang
Irisan dada ayam panggang (2 ons) pada gulungan gandum dengan mustard
Campuran salad hijau dengan sayuran, 1 sendok makan kacang, dan cuka balsamic dan saus minyak zaitun
Susu skim atau rendah lemak atau air

Camilan sore
1 cangkir ceri segar
air

Makan malam
Salmon panggang (3 hingga 4 ons)
Kacang hijau panggang atau dikukus
1/2 sampai 1 cangkir pasta whole-grain dengan minyak zaitun dan lemon lada
air
Yogurt rendah lemak
1 cangkir melon segar
Minuman bebas kafein, seperti teh herbal

Hasil

Mengikuti diet asam urat dapat membantu membatasi produksi asam urat dan meningkatkan pengeluarannya. Diet asam urat cenderung tidak menurunkan konsentrasi asam urat dalam darah, tetapi cukup untuk mengobati asam urat tanpa obat.

Baca Juga: 6 Herbal Ayurveda Terbaik untuk Obat Asam Urat Mujarab

Mengikuti diet asam urat, bersama dengan membatasi kalori dan berolahraga secara teratur, juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dengan membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel