Manfaat Ketumbar untuk Obat Asam Urat dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Ketumbar.
Manfaat Ketumar untuk Obat Asam Urat - Rasa sakit akibat asam urat kadang tidak tertahankan, dan kita harus mencari obatnya, termasuk dari salah satu rempah mungil ini, ketumbar. Ya, apalagi rempah ini hampir ada di setiap dapur masyarakat Indonesia.

Ketumbar sering digunakan untuk beragam masakan, baik itu tumisan hingga sayuran. Aromanya yang khas, membuat ketumbar disukai masyarakat Indonesia. Tapi apakah Anda tahu, jika ketumbar juga bisa dijadikan obat asam urat.

Selain untuk mengobati asam urat, ketumbar juga ampuh untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Mulai dari masalah pencernaan, cacingan hingga sakit gigi bisa diatasi oleh biji kecil ini. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Selalu Minum Obat Tapi Asam Urat Tidak Kunjung Hilang? Ini Penyebabnya

Bahkan, ekstrak minyak atsiri dan oleoresin dari biji ketumbar sering digunakan sebagai bahan dasar parfum, pewangi dan juga kosmetik. Pokoknya, biji kecil ini banyak sekali manfaatnya selain untuk masakan dan kesehatan.

Cara Kerja Ketumbar


Penelitian ilmiah tentang ketumbar memang masih kecil. Namun secara turun temurun, ketumbar kerap digunakan untuk beragam keperluan.

Ketumbar memiliki sifat anti-diabetes, antijamur, antibakteri  hingga anti radang yang membuatnya cocok dijadikan obat asam urat.

Dosis Ketumbar


Tidak ada yang pasti berapa banyak harus mengonsumsi biji ketumbar setiap harinya. Namun tetap saja, jika terlalu banyak justru tidak baik bagi kesehatan. Anda bisa membuatnya menjadi tepung atau bubuk dan menyeduhnya dengan air dari satu sendok biji ketumbar.

Namun disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter yang menangani asam urat Anda. Dan ini bisa dijadikan obat herbal asam urat paling ampuh dan juga aman.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Alami, Tapi Hanya Satu yang Bekerja Efektif

Efek Samping Ketumbar


Meskipun ketumbar merupakan salah satu jenis tumbuhan, tetap saja terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan beberapa masalah. Sebut saja mual, sakit kepala, sakit perut, hingga alergi bisa Anda dapatkan.

Amankah Ketumbar?


Sampai saat ini, penggunaan ketumbar untuk obat asam urat memang masih kecil sekali. Namun, tanaman herbal ini mengandung banyak sekali zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain sebagai obat asam urat, ketumbar juga ampun menrunkan tekanan darah dan membuat gula darah normal kembali.

Baca Juga: 6 Herbal Ayurveda Terbaik untuk Obat Asam Urat Mujarab

Nah, untuk memulainya, masukkan saja ketumbar halus atau bubuk ke dalam makanan favorit Anda. Dan rasakan manfaat kesehatannya dalam waktu singkat.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel