6 Gejala Awal Kanker yang Perlu Anda Ketahui dan Sering Diabaikan

Gejala Awal Kanker - Kanker adalah penyakit yang mengancam jiwa, yang melibatkan sel-sel dalam tubuh yang tumbuh dan bereproduksi secara tidak terkendali. Ketika sel kanker tumbuh, akan menghancurkan jaringan dan organ yang sehat dan dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Walaupun ada lebih dari 200 jenis kanker yang telah dicatat, empat yang paling umum di antaranya adalah kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat dan kanker usus.

Ilustrasi gejala kanker.
Setiap kanker memiliki serangkaian gejala spesifiknya sendiri, ada beberapa yang lebih umum yang perlu diperhatikan. Beberapa kemungkinan gejala awal kanker, seperti benjolan, lebih dikenal daripada yang lain. Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Tapi di sini kita akan membahas enam tanda atau gejala awal kanker yang kurang diketahui bahkan sering diabaikan, menurut Cancer Research UK.

1. Sesak napas

Meskipun Anda tidak memiliki penyakit asam, jika terasa sesak napas perlu diwaspadai. "Jika Anda memperhatikan bahwa Anda merasa sesak napas lebih dari biasanya atau sering, beri tahu dokter," tulis keterangan mereka.

Baca Juga: 7 Jenis Kanker yang Bisa Disembuhkan dengan Mudah

2. Pendarahan vagina yang tidak bisa dijelaskan

Efek samping pil kontrasepsi adalah pendarahan atau 'bercak' di antara menstruasi. "harus menemui dokter jika ada pendarahan tidak biasa saat menstruasi, atau setelah berhubungan seks atau setelah menopause."

3. Berkeringat hebat di malam hari

Berkeringat di malam hari bisa disebabkan oleh infeksi atau juga merupakan efek samping dari obat. Ini juga dialami oleh wanita sekitar masa menopause.

Tapi keringat malam yang sangat deras dan basah, juga bisa menjadi tanda atau gejala kanker dan harus diperiksa oleh dokter Anda.

Baca Juga: Makanan Boleh dan Tidak Dikonsumsi untuk Kalahkan Kanker

4. Suara serak

Ini adalah gejala umum pilek, tetapi dikatakan jika suara serak yang tidak hilang dengan sendirinya, harus diperiksa oleh dokter.

5. Mulas atau gangguan pencernaan yang persisten

Mulas dan gangguan pencernaan adalah normal, khususnya setelah makan besar, berlemak atau pedas.

Tapi mereka memperingatkan, jika Anda mengalami gangguan pencernaan, atau jika itu sangat menyakitkan, maka Anda harus mengunjungi dokter Anda.

6. Maag dan sariawan tidak kunjung sembuh

Sakit maag biasa terjadi, jika Anda merasa agak lelah. Tetapi jika maag yang tidak sembuh setelah tiga minggu, maka harus dilaporkan ke dokter. Begitu juga dengan sariwan yang tidak sembuh meskipun sudah menggunakan obat-obatan.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Kanker Paru-paru, Kulit dan Usus

Tidak ada salahnya jika beberapa gejala atau tanda di atas Anda alami. Tetapi jika kunjung hilang dengan sendirinya, maka harus mendatangi dokter untuk diagnosa lebih lanjut.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel