Kapal peti kemas Italia menuju Brasil dan membawa 2.000 mobil, termasuk 37 Porsche, tenggelam di lepas pantai Prancis

Sebuah kapal kontainer Italia menuju Brasil sambil membawa sekitar 2.000 mobil termasuk tiga lusin Porsche, terbakar dan tenggelam, di Samudra Atlantik di lepas pantai Prancis.

Semua awak kapal berjumlah 27 berhasil diselamatkan oleh militer Inggris. Dan pemerintah Prancis dengan cepat mulai membersihkan tumpahan minyak, yang disebabkan oleh tenggelamnya kapal.

Kapal tenggelam di laut
Kapal tenggelam di laut.
Kapal itu kandas pada 12 Maret, yang berjarak sekitar 150 mil laut di barat daya Brest, Prancis. Dan tenggelam pada kedalaman 3.000 meter di bawah permukaan laut.

Baca Juga: Foto-foto Langka Kapal Titanic Sebelum Peluncuran

Pembuat mobil Jerman pada hari Selasa, 19 Maret, mengkonfirmasi bahwa, kapal tersebut membawa empat model 911 GT2 RS.

Produksi model spesifik ini berakhir Februari lalu, tetapi Porsche akan memproduksi beberapa lagi, untuk menebus pengiriman yang hilang, menurut Carscoops.

Setiap kendaraan dibanderol dengan harga sekitar $ 293.200 atau Rp4,1 miliar.

Perusahaan yang berbasis di Stuttgart ini menulis surat kepada pelanggannya di Brazil. Mereka memberi tahu bahwa Porsche akan mereproduksi model tersebut khusus untuk mereka.

Baca Juga: Pendiri Microsoft Temukan Bangkai Kapal Legendaris Jepang

"Kami menyesal memberi tahu Anda bahwa, karena kebakaran, sebuah kapal dari Grimaldi, yang mengangkut kendaraan, tenggelam pada tanggal 12 Maret 2019," tulis perusahaan itu kepada para pelanggannya.

Kapal yang membawa ribuan mobil terbakar

Selain 911 GT2 RS, Porsche memiliki sejumlah model lain yang hilang di laut. Termasuk 718 Cayman, Boxters, dan Cayennes. Total, ada 37 Porsche di atas Grande America.

Pembuat mobil Eropa lainnya, Audi, kehilangan sejumlah kendaraannya dalam pengiriman, termasuk model Audi A3, A5, RS4, RS5, dan Q7.

Sementara kru yang terdiri dari 27 orang diselamatkan dari Grande America, pada 11 Maret. Ketika kapal itu dilalap api oleh kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang bergerak untuk menyelamatkan mereka dari jarak 150 mil.

Butuh waktu delapan jam bagi para pelaut di HMS Argyll untuk menyelamatkan setiap orang, di atas kapal dagang 28.000 ton di Teluk Biscay, setelah muatan kapal kontainer dan mobil terbakar.

Para kru di atas kapal dagang Grande America telah mencoba untuk melawan api, tetapi terpaksa meninggalkannya. Mereka naik sekoci di laut pada malam hari.

Komandan Letnan Dave Tetchner, dari HMS Argyll, mengatakan: "Itu sangat mengerikan bagi mereka - mereka harus memadamkan api di laut."

Ke-27 pelaut yang diselamatkan kemudian dibawa ke pelabuhan Prancis di Brest. Tidak ada cedera yang mengancam jiwa para awak kapal, beberapa memerlukan perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Di Balik Kemegahan Kapal Induk USS Roosevelt

Kapal yang terdaftar di Italia itu akan menuju Casablanca dari Hamburg, namun kebakaran terjadi pada pukul 8 malam pada tanggal 10 Maret.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel