Fakta Ilmiah Manfaat dan Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis - Puasa Senin Kamis merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti kita ketahui, puasa sangat baik untuk tubuh, dan itu sudah banyak dibuktikan oleh para ilmuwan.

ilustrasi puasa senin kamis
Puasa. (http://www.themuslimtimes.org)

Puasa Senin Kamis


Niat Puasa Senin Kamis

Tidak ada niat khusus untuk puasa sunnah yang satu ini. Sama seperti niat puasa Ramadan, Anda bisa membaca niat di malam hari. Atau jika lupa, bisa membacanya di pagi hari.

Fakta Puasa Senin Kamis

Saat kita puasa, perut akan terasa kosong, dan saat itu juga proses detoksifikasi tubuh dimulai. Tidak seperti puasa Ramadan yang dilakukan satu bulan penuh, dan merupakan kewajiban bagi muslim, puasa Senin kamis bisa kita lakukan kapan pun juga.

Namun masih ada yang meragukan, bagaimana puasa bisa menyehatkan tubuh. Dengan banyak alasan. Tetapi ada manfaat yang lebih baik dari puasa ini, seperti yang dialami oleh Stuart Adams, seperti apa kisahnya?


Kisah Stuart Adam 'Puasa' Senin Kamis

Satu tahun belakangan ini, Stuart Adams berpuasa dua kali dalam seminggu. Dan ia telah kehilangan berat badannya sekitar 7,5 kilogram, namun alasan utamanya bukan untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk  mencegah gangguan otak seperti Skizofrenia dan Alzheimer.

Hal tersebut dilakukannya, karena dalam keturunan dalam keluarga  Adams memiliki risiko yang sangat tinggi terkena penyakit tersebut. "Ada strain kegilaan yang diturunkan dalam keluarga saya, dan peluang muncul sangat tinggi," ucap Adam kepada BBC.


Puasa dua kali atau lebih dalam seminggu mampu menghindari obesitas dan juga mencegah timbulnya penyakit Alzheimer. Seperti yang dilakukan oleh Institute of Aging di Amerika, yang melakukanpenelitian terhadap tikus, memberikan hasil yang memuaskan terhadap pemahaman penyakit Alzheimer dan reaksinya setelah di-puasa-kan.

Alzheimer memang memang belum ada obatnya, namun penyakit kerusakan otak ini sudah menelan korban hampir lebih 35 juta orang, namun pencegahan penyakit ini bisa dilakukan.

Penelitian yang dipimpin oleh Mark Mattson, profesor ilmu saraf dari Universitas John Hopkins, sedang merencakan penelitian terhadap manusia yang berpuasa dan pengaruhnya terhadap fungsi otak dan tanda-tanda awal Alzheimer.

Dengan berbekal penelitian terhadap tikus, diharapkan penerapan terhadap manusia mampu memberikan efek positif. Puasa juga mampu mengurangi kadar plak dalam otak, yang merupakan tanda awal Alzheimer.  Studi yang dilakukan Mattson membuktikan bahwa, puasa akan meningkatkan produksi protein yang disebut neuritropik, yang diturunkan dari otak, yang meningkatkan pembelajaran dan ingatan.


Keutamaan lain bagi kesehatan puasa Senin Kamis

Pada saat yang sama, puasa juga mampu mencegah kanker payudara dan diabetes, seperti yang ditulis Michael Mosley.

Namun bagaimana pun juga, puasa yang benar adalah bagaimana Anda berbuka dengan benar, karena makanan yang Anda konsumsi janganlah terlalu berlebihan.

Terlebih jika Anda seorang muslim, yang telah lama mengenal bagaimana puasa akan menyehatkan. Namun saat Anda berbuka, janganlah berlebihan, karena pada intinya, makanan yang Anda konsumsi harus sesuai dengan apa yang Anda kerjakan.

Jadi tunggu apalagi, ayo mulai berpuasa. :)
Loading...

0 Response to "Fakta Ilmiah Manfaat dan Niat Puasa Senin Kamis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel